Bikin Warnet Bebas Sweeping..

Ini cerita lain tentang pengelolaan Warnet, yaitu rajin nya penegak hukum melakukan razia software ber lisensi di warnet. Tentu kita sudah banyak mendengar cerita beberapa warnet kena sweeping bahkan harus mengeluarkan “sejumlah uang” agar warnet nya aman. Memang sih ketika kita menggunakan software bajakan, kita melanggar undang-undang pemerintah no 19 tahun 2002 (CMIIW), makanya argumentasi apapun yang kita ungkapkan udah pasti salah. Begitu juga warnet yang saya kelola pernah juga kena sweeping, untungnya waktu masih dalam tahap pengembangan (blm operasional) jadi argumentasi saya bahwa saya akan  menggunakan software legal dapat diterima. Sempat terpikir untuk menggunakan full opensource (linux), tapi apakah customer tidak akan lari ? padahal calon customer saya adalah para nubie dan tidak well educated dalam bidang IT, yang saya yakin begitu mendengar kata linux mereka akan langsung “berpindah kelain hati”.

Akhirnya saya coba solusi berikut ini, yang dalam logika saya tidak ada aturan pemerintah yang saya langgar :

1. Untuk Client saya menggunakan Komputer second built up yang sudah embeded licence (OEM) windows xp home/professional, tidak usah diganti cashing nya, karena biasanya lisensi windows nempel di cashing nya. Jika perlu anda cek terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Lisensi OEM adalah lisensi Microsoft yang melekat didalam PC ketika keluar dari pabrik/distributornya.

2. Untuk pengganti Microsoft office, gunakan Open Office yang opensource, sejauh pengalaman netter/pengunjung tidak terlalu kesulitan untuk menggunakan aplikasi openoffice, karena sangat mirip dengan Ms. Office dan compatible dengan dokumen-dokumen Ms.Office

3. Untuk software antivirus gunakan antivirus free seperti avast, ansav, avira, smadav, atau tanpa antivirus pun sebenarnya anda cukup menggunakan program deepreeze jadi jika ada pc bermasalah tinggal restart maka akan kembali ke kondisi awal(saya akan bahas khusus aplikasi ini..Insya Allah)

4.Untuk aplikasi lainnya gunakan juga aplikasi-applikasi opensource misalnya winamp(audio dan video player), mozilla firefox (browser), Mozilla thunderbird, Download manager, Yahoo messenger, google talk dan lainnya

Dengan konfigurasi seperti diatas kita bisa bebas sweeping dengan budget minimalis dan tentu saja yang paling utama, kebutuhan pelanggan pun terpenuhi..semoga bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

